1.
|
6. Mengkarakteristikkan keputusan yang
diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara
moral kepada Tuhan
Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan
martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan
persatuan dan kesatuan kepentingan bersama dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik. |
Ada kalanya guru mendapatkan kritik dari
orang tua siswa dalam mendidik putra-putrinya di sekolah, namun guru harus
dapat mengendalikan diri dengan tidak mengedepankan sikap emosional. Dalam
hal demikian, tindakan yang semestinya menjadi prioritas guru adalah…………. A. memberikan layanan
pendidikan sebaik-baiknya Sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa B. meniadakan
kegiatan ekstrakurikuler menjelang akhir tahun pelajaran, karena menambah
beban siswa C. memberikan
layanan pendidikan sebaik-baiknya sesuai permintaan dan kesepakatan dengan
orang tua D. menerima semua masukan untuk segera diterapkan
dalam mendidik siswa E. memajukan
sekolah dengan meningkatkan sarana dan prasarana selengkap-lengkapnya |
2.
|
7. Mempertahankan kekayaan
alam Indonesia dalam mendidik, mengajar,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta
didik. |
Alam mampu memenuhi kebutuhan manusia,
namun alam tidak mampu memenuhi keserakahan manusia. Berkenaan dengan itu,
pesan yang perlu disampaikan oleh guru kepada siswa adalah …. A. memanfaatkan
sumber daya alam sesuai keinginan B. memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan C. memanfaatkan
sumber daya alam sesuai kekuatan wilayah D. meminimalkan
penggunaan sumber daya alam yang tersedia E. menjamin
ketersediaan sumber daya alam untuk kehidupan |
3.
|
8. Mengapresiasi kekayaan
budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia dalam
mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. |
Masuknya budaya asing dalam kehidupan
masyarakat Indonesia dewasa ini merupakan hal yang tidak dapat dihindari,
karena dampak globalisasi yang ditandai misalnya menggunakan media massa.
Terkait dengan hal tersebut, yang dapat dilakukan guru adalah …. A. membelajarkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara B. meniru
budaya asing yang sedang populer dan terkenal C. membelajarkan proses seleksi sistem nilai pada siswa D. melarang
siswa mengenal dan mempelajari budaya asing E. berkunjung
ke negara lain untuk mempelajari budaya asing |
4.
|
9.
Menunjukkan keberanian dalam
membela kebenaran dan keadilan pada proses
mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi
peserta didik. |
Penghormatan guru terhadap persamaan hak
dan kewajiban asasi setiap siswa dapat diwujudkan dengan cara …. A. mengetahui
riwayat hidup tiap siswa yang ikut pembelajaran B. memberi
kesempatan menjawab pertanyaan siswa yang tunjuk jari C. memberi kesempatan siswa berpendapat dengan perhatikan pendapat
siswa lain D. menentukan nama panggilan berdasarkan
kesepakatan E. mengatur
tempat duduk dalam kelas berdasarkan alphabetis |
5.
|
10. Mengembangkan pribadi yang taat
serta menghormati hukum dan
aturan pada proses mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. |
Ketika guru mendapat kesempatan tugas
belajar, maka harus disikapi dengan senang hati, karena pasti akan membawa
manfaat. Berkenaan dengan hal tersebut, yang mesti dipikirkan guru terkait
dengan kepentingan siswa adalah …. A. pengembangan ilmu pengetahuan dan layanan belajar siswa secara
maksimal B. memberi
contoh kepada siswa untuk tekun belajar dan belajar tanpa batas usia C. tekun
belajar dan selesai tepat waktu karena memperoleh bea siswa dari negara D. memanfaatkan
tugas belajar sehingga tidak perlu datang lagi ke tempat kerja E. memberikan
imbas bagi kemajuan sekolah dan teman sejawat dalam belajar |
No comments:
Post a Comment