1.
|
11. Mengatakan benar atau salah
sesuai dengan yang sebenarnya dalam mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi
peserta didik. |
Ketika ada siswa yang mengajukan “protes”
atas jawaban ulangan yang diyakini benar tetapi dinyatakan salah oleh guru,
dan terbukti bahwa jawaban yang dimaksud adalah benar, tindakan yang
sebaiknya dilakukan oleh guru adalah …. A. mengakui kekeliruan dan bersedia memperbaiki nilai sesuai dengan
ketentuan soal B. mempertahankan
pendirian atas penilaian telah dilakukan demi kewibawaan guru C. menyatakan
kepada siswa yang bersangkutan bahwa keputusan guru tak dapat diganggu gugat D. mengakui
kekeliruan itu tetapi nilai yang sudah diberikan tidak dapat diubah E. meminta
maaf kepada siswa dan berjanji untuk memperhatikannya pada ulangan berikutnya |
2.
|
12. Menampilkan perilaku
yang bijaksana meskipun dalam situasi yang sulit
pada proses mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. |
Sekolah mengagendakan acara pentas seni di
sekolah dan Anda diberi tugas untuk menjadi penanggung jawab acara tersebut.
Padahal Anda belum cukup memiliki pengalaman terkait dengan kegiatan
tersebut. Sebagai guru, yang Anda lakukan adalah …. A.
menolak tugas,dengan alasan ada guru
lain yang lebih mampu dan berpengalaman B.
menerima tugas dan mengusulkan
guru pendamping lain yang
berpengalaman untuk ikut serta C.
menolak tugas, karena belum
berpengalaman dan tidak memahami acara pentas seni D.
melibatkan semua guru menjadi panitia
seni, sehingga pelaksanaannya menjadi ringan E.
menerima dan melaksanakan
tugas sambil belajar cara mengelola acara dengan baik |
3.
|
13. Memberikan penghargaan
atau hukuman kepada peserta didik sesuai tata tertib sekolah dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik. |
Pujian yang diberikan kepada siswa
merupakan salah satu bentuk penghargaan, yang apabila diberikan secara tepat,
akan berpengaruh positif. Pengaruh positif yang dimaksud adalah …. A. membantu
siswa melakukan introspeksi diri B. menjadi
siswa untuk tidak merendah diri C. membantu
siswa mengabaikan kekurangannya D. menyemangati siswa untuk
berusaha lebih giat E. membantu
siswa mengenali kemampuan dirinya |
4.
|
14. Menampilkan sikap senang
dan nyaman dalam
mendidik,mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. |
Ada seorang siswa dalam pembelajaran sering
kurang memperhatikan, namun prestasi yang didapat tidak kalah dibandingkan
dengan siswa-siswa yang lain. Hal yang diperlu disampaikan kepada siswa
tersebut adalah ….. A. tindakan
yang gaduh dalam kelas akan dapat mengganggu siswa lain yang sungguh-sungguh
belajar B. prestasi akan lebih baik lagi jika mau sungguh-sungguh
memperhatikan pembelajaran disampaikan guru C. siswa
yang kemampuannya kurang, perlu memperhatikan pelajaran tanpa ada gangguan
dari yang lain D. satu
siswa dengan siswa yang lain perlu saling menghargai dan mengikuti
pembelajaran di kelas E. setiap
siswa tanpa kecuali, harus sungguh-sungguh memperhatikan pelajaran sampai
guru |
5.
|
15. Menunjukkan sikap
kesiap-siagaan dalam proses mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi
peserta didik. |
Perencanaan pembelajaran di saat pandemi
covid 19 memaksa guru untuk menyesuaikan dengan kaidah-kaidah pembelajaran
dari pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) sebagai pedoman
belajar siswa dalam pembelajaran daring. Pengembangan yang dilakukan oleh
guru menggunakan prinsip…. A. mengembangkan kemandirian B. berbasis teknologi informasi C. berpusat pada peserta didik D. berbasis
konteks E. berbasis
kekinian |
No comments:
Post a Comment