Tuesday, October 12, 2021

KISI-KISI UP 11- 15

 

1.     

11. Mengatakan benar atau salah sesuai dengan yang sebenarnya dalam mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Ketika ada siswa yang mengajukan “protes” atas jawaban ulangan yang diyakini benar tetapi dinyatakan salah oleh guru, dan terbukti bahwa jawaban yang dimaksud adalah benar, tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh guru adalah ….

A.   mengakui kekeliruan dan bersedia memperbaiki nilai sesuai dengan ketentuan soal

B.   mempertahankan pendirian atas penilaian telah dilakukan demi kewibawaan guru

C.   menyatakan kepada siswa yang bersangkutan bahwa keputusan guru tak dapat diganggu gugat

D.   mengakui kekeliruan itu tetapi nilai yang sudah diberikan tidak dapat diubah

E.   meminta maaf kepada siswa dan berjanji untuk memperhatikannya pada ulangan berikutnya

 

2.     

12. Menampilkan perilaku yang bijaksana meskipun dalam situasi yang sulit pada proses mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Sekolah mengagendakan acara pentas seni di sekolah dan Anda diberi tugas untuk menjadi penanggung jawab acara tersebut. Padahal Anda belum cukup memiliki pengalaman terkait dengan kegiatan tersebut. Sebagai guru, yang Anda lakukan adalah ….

A.   menolak tugas,dengan alasan ada guru lain yang lebih mampu dan berpengalaman

B.   menerima tugas dan mengusulkan guru  pendamping lain yang berpengalaman untuk ikut serta

C.   menolak tugas, karena belum berpengalaman dan tidak memahami acara pentas seni

D.   melibatkan semua guru menjadi panitia seni, sehingga pelaksanaannya menjadi ringan

E.   menerima dan melaksanakan tugas sambil belajar cara mengelola acara dengan baik

 

3.     

13. Memberikan penghargaan atau hukuman kepada peserta didik sesuai tata tertib sekolah dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

 

 

Pujian yang diberikan kepada siswa merupakan salah satu bentuk penghargaan, yang apabila diberikan secara tepat, akan berpengaruh positif. Pengaruh positif yang dimaksud adalah ….

A.   membantu siswa melakukan introspeksi diri

B.   menjadi siswa untuk tidak merendah diri

C.   membantu siswa mengabaikan kekurangannya

D.   menyemangati  siswa untuk berusaha lebih giat

E.   membantu siswa mengenali kemampuan dirinya

 

4.     

14. Menampilkan sikap senang dan nyaman dalam mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Ada seorang siswa dalam pembelajaran sering kurang memperhatikan, namun prestasi yang didapat tidak kalah dibandingkan dengan siswa-siswa yang lain. Hal yang diperlu disampaikan kepada siswa tersebut adalah …..

A.  tindakan yang gaduh dalam kelas akan dapat mengganggu siswa lain yang sungguh-sungguh belajar

B.  prestasi akan lebih baik lagi jika mau sungguh-sungguh memperhatikan pembelajaran disampaikan guru

C. siswa yang kemampuannya kurang, perlu memperhatikan pelajaran tanpa ada gangguan dari yang lain

D. satu siswa dengan siswa yang lain perlu saling menghargai dan mengikuti pembelajaran di kelas

E.  setiap siswa tanpa kecuali, harus sungguh-sungguh memperhatikan pelajaran sampai guru

 

5.     

15. Menunjukkan sikap kesiap-siagaan dalam proses mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Perencanaan pembelajaran di saat pandemi covid 19 memaksa guru untuk menyesuaikan dengan kaidah-kaidah pembelajaran dari pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) sebagai pedoman belajar siswa dalam pembelajaran daring. Pengembangan yang dilakukan oleh guru menggunakan prinsip….

A.    mengembangkan kemandirian

B.   berbasis teknologi informasi

C.    berpusat pada peserta didik

D.   berbasis konteks

E.   berbasis kekinian

 

No comments:

Post a Comment

lawang 100