Sunday, February 27, 2022

Soal PPG Dan UP 1 - 10

 

1.      Pada perkembangan peserta didik, sistem sosial memberikan pengaruh terhadap perkembangan karakter anak. Sistem sosial ini meliputi sistem sosial mikrosistem, ekosistem dan makrosistem. Lingkungan bukan hanya tempat tinggal peserta didik melainkan juga tempat anak dapat memahami segala hal termasuk hal yang palig terkecil. Berdasarkan teori perkembangan ekologi, yang dimaksud dengan sistem lingkungan makrosistem yaitu ...

a.  Hubungan timbal balik antar individu dengan lingkungannya dengan membentuk  tingkah laku

b.  Lingkungan dimana individu tinggal meliputi keluarga, teman sebaya, sekolah dan  lingkungan tempat tinggal (Mikrosistem)

c.   Sistem sosial dimana anak tidak terlibat interaksi secara langsung namun tetep berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak

d.  Sisem lapisan terluar dari lingkungan anak yang memberikan pengaruh pada perkembangan karakter anak

e.  Sistem lapisan terluar dari perkembangan anak yang tidak terlibat interaksi secara  langsung

 

 

 

2.      Budi merupakan siswa yang sering kali membuat onar. Keonarannya bahkan sering sekali menimbulkan kericuhan di kelas dan bahkan sering membuat siswa yang lain merasa terganggu. Bukan hanya membuat onar, Budi juga kerap melakukan kekerasan fisik maupun verbal kepada teman-temannya untuk mencari perhatian. Setelah ditelusuri sikap Budi yang seperti itu ia lihat dari perlakuan kakak yang sering kali berperlakuan seperti tersebut. ditambah dengan seringnya Budi menonton tayangan yang mengandung kekerasan. Sehingga agar hal tersebut tidak terus terjadi pada Budi maka diperlukan pendampingan bukan hanya dari guru namun melibatkan orang tua Budi. Berdasarkan situasi diatas, anak tersebut sesuai dengan teori perkembangan ...

a.  Teori psikoanalitis = kepribadian manusia

b.  Teori Perilaku dan Belajar sosial

c.   Teori Kognitif = belajar dapat merubah persepsi/tingkah laku individu (pengolahan info internal spt informasi, ingatan, emosi)

d.  Teori Etologis = menekankan sangat dipengaruhi oleh biologi, terkait dengan evolusi, dan ditandai oleh periode yang penting atau peka. (gen/biologis)

e.  Teori Ekologis = lingkungan mempengaruhi perkembangan tingkah laku tiap individu

 

3.      Pandangan bahwa pengetahuan adalah obyektif, pasti, tetap, tidak berubah. Pengetahuan telah terstruktur dengan rapi, sehingga belajar adalah perolehan pengetahuan, sedangkan mengajar adalah memindahkan pengetahuan ke orang yang belajar atau peserta didik. Peserta didik diharapkan akan memiliki pemahaman yang sama terhadap pengetahuan yang diajarkan. Artinya, apa yang dipahami oleh pendidik atau guru itulah yang harus dipahami oleh murid. Hal ini merupakan implikasi teori belajar

a.  Kognitif = = belajar dapat merubah persepsi/tingkah laku individu (pengolahan info internal spt informasi, ingatan, emosi)

b.  Behavioristik

c.   Humanistik = memanusiakan manusia (perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya / siswa)

d.  Konstruktivistik = membangun pengatahuan baru

e.  Bruner

Guru (stimulus) – Siswa (respon)

 

4.      Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan atau pendalaman. Materi yang dapat diberikan dalam bentuk ...

a.  tugas mengerjakan soal yang sebelumnya dikerjakan

b.  membaca buku materi yang dibahas di soal

c.   meringkas buku yang dibahas di soal

d.  tugas mengerjakan soal dengan tingkat lebih tinggi

e.  tugas mengerjakan soal dengan tingkat lebih rendah

 

5.      Dalam pembelajaran matematika seorang anak jika sudah memahami prinsip pengurangan maka ketika mempelajari prinsip pembagian akan terjadi proses pengintegrasian antara prinsip pengurangan yang sudah dikuasainya dengan prinsip pembagian (informasi baru). Dalam teori belajar kognitif termasuk ke tahap…

a.  Asimilasi = penyerapan info baru ke dalam info yang sudah ada

b.  Akomodasi = kemampuan menggunakan info untuk memcahkan masalah (memodifikasi skema yang ada)

c.   Equilibrasi = keseimbangan antara asimilasi dengan akomodasi

d.  Oprasioal = 7 – 11 th

e.  Pra oprasional = 2 – 7 th

 

6.      Dalam proses pembelajaran seorang guru menugaskan peserta didik untuk menelusuri faktor penyebab terjadinya tanah longsor di suatu daerah. Peserta didik bekerja secara berkelompok menelusuri informasi dengan mewawancarai penduduk disertai pelacakan informasi di internet dan kemudian diminta untuk membuat kesimpulan penyebab terjadinya tanah longsor dan dilanjutkan dengan presentasi. Model pembelajaran abad 21 yang tepat digunakan dalam kondisi tersebut adalah ...

a.  Pembelajaran berbasis proyek

b.  Discovery learning : penemuan

c.   Pembelajaran kontekstual

d.  Belajar berdasarkan pengalaman sendiri

e.  Pembelajaran kooperatif

 

7.      Pak Yanto dalam proses pembelajarannya selalu membiasakan peserta didiknya untuk berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran. Selain itu sebelum memulai pembelajaran, peserta didik diajak untuk merenung sejenak mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan sehingga peserta didik sangat tenang dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut nilai karakter yang tersirat dalam proses pembelajaran tersebut adalah ...

a.  Religiositas

b.  Nasionalisme

c.   Kemandirian

d.  Gotong royong

e.  Integritas

 

8.      Yang termasuk kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh guru adalah ...

a.  Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan  tertulis atau bentuk lain : sosial

b.  Bersikap inklusif,objektif dan tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras dan kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi : kepribadian

c.   Menunjukan etos kerja, tangung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan  rasa percaya diri : kepribadian

d.  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang

e.  Menjunjung tinggi kode etik profesi guru

 

9.      Saat ini anda baru tiga bulan bekerja sebagai guru pengganti mata pelajaran matematika yang mengajar sebanyak 5 kelas sehingga jadwal mengajar menjadi padat serta ditambah tugas non akademik. Beberapa peserta didik merasa kesulitan sehingga nilai ulangannya rendah. Apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi situasi tersebut?

a.  Memberikan pelajaran tambahan di luar jam belajar mengajar bagi peserta didik yang mendapat nilai rendah meskipun sibuk karena sudah menjadi tanggung jawab saya.

b.   Meminta bantuan pada peserta didik lain yang lebih pandai untuk mengajari.

c.   Meminta beberapa peserta didik tersebut mengikuti les pelajaran diluar sekolah

d.  Menganjurkan peserta didik yang mendapat nilai rendah untuk belajar kelompok  karena anda sibuk dengan tugas non akademik di sekolah

e.  Menegur peserta didik tersebut agar mereka belajar lebih rajin dengan tujuan mereka menjadi sadar

 

10.   Pak Adi merupakan guru kelas II di sekolah dasar. Pak Adi hanya memberikan tugas kepada siswanya, setelah itu kelas ditinggal begitu saja. Bahkan suatu ketika Pak Adi memberikan siswa-siswa nya pekerjaan yang sangat banyak namun tidak diperiksa, sehingga membuat banyak orang tua siswa yang protes akan sikap Pak Adi. Kasus diatas menunjukan bahwa Pak Adi tidak profesional dan harus diberikan sanksi oleh kepala sekolah. Sanksi yang tepat yang seharusnya diberikan kepada Pak Adi adalah ...

a.  Dilaporkan kepada dinas pendidikan sehingga profesi gurunya dapat dicabut

b.  Dipecat secara tidak terhormat dan tidak diberikan pesangon

c.   Dipindah tugaskan ke daerah yang terluar dan terpencil

d.  Diberikan peringatan dan pembinaan untuk dapat merubah sikap dan lebih profesional dalam menjadi seorang guru

e.  Membiarkannya saja sebagai wujud pengucilan terhadap guru yang bersangkutan

No comments:

Post a Comment

lawang 100