1.
Pada perkembangan peserta
didik, sistem sosial memberikan pengaruh
terhadap perkembangan karakter
anak. Sistem sosial ini meliputi
sistem sosial mikrosistem, ekosistem
dan makrosistem. Lingkungan bukan hanya tempat tinggal peserta
didik melainkan juga tempat
anak dapat memahami segala hal termasuk hal yang palig terkecil. Berdasarkan teori perkembangan ekologi, yang dimaksud
dengan sistem lingkungan makrosistem yaitu ...
a.
Hubungan timbal balik antar individu
dengan lingkungannya dengan
membentuk tingkah laku
b.
Lingkungan
dimana individu tinggal
meliputi keluarga, teman sebaya, sekolah
dan lingkungan tempat tinggal (Mikrosistem)
c.
Sistem sosial dimana anak tidak terlibat interaksi
secara langsung namun tetep berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak
d. Sisem lapisan
terluar dari lingkungan anak yang memberikan pengaruh pada perkembangan karakter anak
e.
Sistem lapisan terluar
dari perkembangan anak yang tidak terlibat interaksi secara langsung
2.
Budi merupakan siswa yang sering kali membuat
onar. Keonarannya bahkan sering sekali menimbulkan
kericuhan di kelas dan bahkan sering membuat siswa yang lain merasa terganggu. Bukan hanya membuat
onar, Budi juga kerap melakukan kekerasan fisik maupun verbal kepada teman-temannya untuk mencari perhatian.
Setelah ditelusuri sikap Budi yang seperti itu ia lihat dari perlakuan kakak yang sering kali
berperlakuan seperti tersebut. ditambah
dengan seringnya Budi menonton tayangan
yang mengandung kekerasan. Sehingga agar hal tersebut tidak terus
terjadi pada Budi maka diperlukan pendampingan bukan hanya dari guru namun melibatkan orang tua
Budi. Berdasarkan situasi diatas, anak tersebut sesuai dengan teori perkembangan ...
a. Teori psikoanalitis = kepribadian manusia
b. Teori Perilaku dan Belajar sosial
c. Teori Kognitif = belajar dapat merubah persepsi/tingkah
laku individu (pengolahan info internal spt informasi, ingatan, emosi)
d. Teori Etologis = menekankan
sangat dipengaruhi oleh biologi, terkait dengan evolusi, dan ditandai oleh
periode yang penting atau peka. (gen/biologis)
e. Teori Ekologis = lingkungan mempengaruhi
perkembangan tingkah laku tiap individu
3.
Pandangan bahwa pengetahuan adalah obyektif, pasti, tetap, tidak berubah. Pengetahuan telah terstruktur dengan rapi, sehingga
belajar adalah perolehan
pengetahuan, sedangkan mengajar adalah memindahkan pengetahuan ke orang
yang belajar atau peserta didik.
Peserta didik diharapkan akan memiliki pemahaman yang sama terhadap pengetahuan yang diajarkan. Artinya, apa yang dipahami oleh pendidik atau guru itulah yang harus dipahami oleh murid. Hal ini
merupakan implikasi teori belajar…
a. Kognitif = =
belajar dapat merubah persepsi/tingkah laku individu (pengolahan info internal
spt informasi, ingatan, emosi)
b. Behavioristik
c. Humanistik =
memanusiakan manusia (perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya / siswa)
d. Konstruktivistik
= membangun pengatahuan baru
e. Bruner
Guru (stimulus) – Siswa (respon)
4.
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan atau pendalaman. Materi yang dapat diberikan
dalam bentuk ...
a. tugas mengerjakan soal yang sebelumnya dikerjakan
b. membaca buku materi
yang dibahas di soal
c. meringkas buku yang dibahas
di soal
d.
tugas mengerjakan soal dengan tingkat
lebih tinggi
e. tugas mengerjakan soal dengan tingkat
lebih rendah
5.
Dalam pembelajaran matematika seorang anak jika sudah memahami
prinsip pengurangan maka ketika mempelajari prinsip pembagian akan terjadi proses pengintegrasian antara prinsip pengurangan yang sudah dikuasainya dengan prinsip pembagian
(informasi baru). Dalam teori belajar kognitif termasuk ke tahap…
a. Asimilasi = penyerapan info baru ke dalam info
yang sudah ada
b. Akomodasi =
kemampuan menggunakan info untuk memcahkan masalah (memodifikasi skema yang
ada)
c. Equilibrasi =
keseimbangan antara asimilasi dengan akomodasi
d. Oprasioal = 7
– 11 th
e. Pra
oprasional = 2 – 7 th
6.
Dalam proses pembelajaran seorang guru
menugaskan peserta didik untuk menelusuri faktor penyebab terjadinya tanah
longsor di suatu daerah. Peserta didik bekerja secara berkelompok menelusuri informasi dengan mewawancarai penduduk disertai pelacakan informasi di internet dan kemudian diminta
untuk membuat kesimpulan penyebab
terjadinya tanah longsor dan dilanjutkan dengan presentasi. Model
pembelajaran abad 21 yang tepat digunakan dalam kondisi tersebut adalah ...
a. Pembelajaran berbasis
proyek
b.
Discovery learning : penemuan
c. Pembelajaran kontekstual
d. Belajar berdasarkan pengalaman sendiri
e. Pembelajaran kooperatif
7.
Pak Yanto dalam proses pembelajarannya selalu
membiasakan peserta didiknya untuk berdoa sebelum dan sesudah
pembelajaran. Selain itu sebelum memulai pembelajaran, peserta didik diajak untuk merenung sejenak mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan sehingga peserta didik sangat tenang dalam mengikuti
pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut nilai
karakter yang tersirat
dalam proses pembelajaran tersebut adalah ...
a.
Religiositas
b. Nasionalisme
c. Kemandirian
d. Gotong royong
e. Integritas
8.
Yang termasuk kompetensi profesional yang harus dimiliki
oleh guru adalah
...
a.
Berkomunikasi dengan komunitas profesi
sendiri dan profesi
lain secara lisan dan tertulis atau bentuk lain : sosial
b.
Bersikap inklusif,objektif dan tidak
diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras dan kondisi fisik,
latar belakang keluarga,
dan status sosial
ekonomi : kepribadian
c.
Menunjukan
etos kerja, tangung
jawab yang tinggi,
rasa bangga menjadi
guru dan rasa
percaya diri : kepribadian
d. Menguasai standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang
e.
Menjunjung
tinggi kode etik profesi guru
9.
Saat ini anda baru tiga bulan bekerja sebagai
guru pengganti mata pelajaran matematika yang mengajar sebanyak 5 kelas sehingga
jadwal mengajar menjadi padat serta ditambah
tugas non akademik. Beberapa peserta didik merasa kesulitan sehingga
nilai ulangannya rendah. Apa yang akan anda lakukan
dalam menghadapi situasi tersebut?
a. Memberikan pelajaran tambahan
di luar jam belajar mengajar
bagi peserta didik yang mendapat nilai rendah meskipun
sibuk karena sudah menjadi
tanggung jawab saya.
b.
Meminta bantuan pada peserta didik lain yang lebih pandai
untuk mengajari.
c.
Meminta beberapa peserta
didik tersebut mengikuti les pelajaran diluar
sekolah
d.
Menganjurkan
peserta didik yang mendapat nilai rendah untuk belajar kelompok karena anda sibuk dengan tugas non
akademik di sekolah
e.
Menegur peserta didik tersebut agar mereka belajar lebih rajin dengan tujuan mereka menjadi
sadar
10.
Pak Adi merupakan guru kelas II di sekolah
dasar. Pak Adi hanya memberikan tugas kepada
siswanya, setelah itu kelas ditinggal begitu saja. Bahkan suatu ketika Pak Adi
memberikan siswa-siswa nya pekerjaan yang sangat banyak namun tidak diperiksa, sehingga membuat banyak orang tua siswa
yang protes akan sikap Pak Adi. Kasus diatas
menunjukan bahwa Pak Adi tidak profesional dan harus diberikan sanksi
oleh kepala sekolah. Sanksi
yang tepat yang seharusnya
diberikan kepada Pak Adi adalah
...
a. Dilaporkan kepada dinas pendidikan sehingga profesi gurunya
dapat dicabut
b. Dipecat secara
tidak terhormat dan tidak diberikan
pesangon
c. Dipindah tugaskan
ke daerah yang terluar
dan terpencil
d. Diberikan peringatan dan pembinaan untuk dapat merubah
sikap dan lebih
profesional dalam menjadi seorang guru
e. Membiarkannya saja sebagai wujud
pengucilan terhadap guru yang
bersangkutan
No comments:
Post a Comment